24
Apr
09

TOURING KE BANDUNG SELATAN

elysian-fields

Perkebunan Teh Bandung Selatan

MENYUSURI KAWASAN CIWIDEY
Kawasan Ciwidey di Bandung Selatan bisa jadi pilihan yang asyik buat touring. Nikmati udara murni nan sejuk serta pemandangan asri sepanjang perjalanan. Mulailah dari kebun strawberry yang bisa kita langsung petik di selingi hamparan hijau kebun teh yang tertata rapi. Tak cuma itu, buat bikers pecinta touring juga bisa singgah ke obyek wisata yang jaraknya berdekatan seperti Kawah Putih,Situ Patenggang dan Air Panas Cimanggu dan masih banyak pilihan untuk di sambangi. kawah-putih-00

KAWAH PUTIH
Tempat pertama yang bisa kita sambangi adalah Kawah Putih, kawasan wisata yang terletak +/-46 km dari kota Bandung.Bagi pecinta touring pejalanan menuju Kawah Putih sangatlah menantang dan menarik, ketangguhan motor berkali-kali akan di uji coba menapaki jalan yang menanjak, menikung dan jalan menurun yang curam dengan kemiringan jalan menanjak hingga 35 derajat kemiringan. Setelah uji ketangguhan motor dan pengendaranya sesampai ditempat tujuan kita di suguhi pemandangan alam yang akan membuat takjub, terpana, terpesona akan keindahannya. Danau kecil yang terbentuk di kawah gunung berisi air berwarna putih walaupun tidak selalu berwana putih bila matahari sedang bersinar terik terkadang berwarna biru muda atau hijau apel, terkadang pula berwarna coklat susu. Di kawasan ini bau menyengat dari belerang sangatlah kuat cukup membuat tidak nyaman, udara dingin bercampur bau belerang. Dikawasan ini terdapat gua sedalam 5 meter yang dahulunya digunakan sebagai tambang belerang dan pada masa pendudukan Belanda pernah dibangun pabrik pengolahan belerang yang bernama Zwawel Ontgining Kawah Putih.

Kawah Putih terjadi akibat letusan Gunung Patuha yg terletak + 2.300m diatas permukaan laut. Letusan terjadi sekitar abad 10 sampai abad ke 12. Selain Kawah Putih juga terdapat Kawah Saat yaitu kawah yang terletak tidak jauh dari Kawah Putih. Gunung Patuha atau juga disebut Gunung
Sepuh menyimpan banyak legenda, konon asal muasal Patuha berasal dari kata “Pak Tua” atau “Kasepuh”. Masyarakat menganggap Gunung Patuha merupakan kawsan yang angker, masyarakat menganggap puncak Gunung Patuha dahulu kala merupakan tempat pertemuan para leluhur Bandung Selatan. Tetapi misteri yang sudah menjadi turun menurun itu mulai punah setelah terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun yang juga seorang pengusaha perkebunan yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, karena rasa penasaran dan ketidakpercayaan atas mitos masyarakat Junghun terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha dan akhirnya dia bersama rombongan menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837 kawasan ini baru menjadi obyek wisata pada 1987 dan mulai dikembangkan oleh PT Perhutani (persero) unit III Jabar dan Banten pada 1993.

situ-patenggang-2

Situ Patengan

SITU PATENGAN (SITU PATENGGANG)
Setelah puas menikmati kawasan Kawah Putih touring bisa berlanjut menuju Situ Patengan atau biasa di sebut Situ Patenggang yang berjarak 3 km dari pintu kawasan Kawah Putih. Perjalanan menuju Situ Patenggang kita di suguhi pemandangan hijau hamparan perkebunan teh yang jalannya pun cukup mantap untuk riding dengan motor. Sesampai di Situ Patenggang kita disambut oleh hamparan air dengan keindahan alam yang menawan. Kesegaran dan kesejukan menambah kenyamanan di area wisata Situ Patenggang.Kabut tipis menggantung di atas hamparan danau menambah pemandangan makin sedap di pandang mata membuat anda merasa damai tentram, rileks dan melupakan kepenatan perjalan turing dan kesibukan sehari-hari. Anda bisa menyewa perahu untu mengelilingi danau atau menyambangi Pulau asmara dan Batu Cinta yang merupakan pelengkap legenda Situ Patenggang.

Konon menurut ceritanya siapapun yang singgah ke Batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapat cinta abadi. Hal ini yang banyak membuat wisatawan menjadi pensaran dan berbondong-bondong mencobanya. Penasaran…? Coba saja.

67403473upuzlrty

Kolam Renang Air Panas Cimanggu

AIR PANAS CIMANGGU

Setelah puas berwisata ke Kawah Putih dan Situ Patenggang lelah perjalanan turing saatnya kita memanjakan tubuh dengan berendam di kawasan wisata Air Panas Cimanggu. Kawasan seluas 154 ha termasuk wilayah desa Rancabali, kecamatan Ciwidey. Di kawasan wisata air panas ini tedapat 2 jenis tempat pemandian, yang pertama adalah kolam umum yang berbentuk seperti koalm renang umumnya sedangkan yang kedua adalah kamar mandi Vip, disini disediakan bak mandi untuk berendam.

Untuk brother riders yang penasaran dan ready untuk turing menapaki jalan Jakarta-Bandung-Ciwidey bisa gabung turing bareng Velayat Riders. Mengenai jadwal turing di tunggu saja…!!!

Sumber: MOTODREAM (Yamaha Magazine) Edisi Januari 2009, Edited By: The Riders


14 Responses to “TOURING KE BANDUNG SELATAN”


  1. April 24, 2009 pukul 11:25 am

    Bagus lokasiinya bro ketua…
    Aku daftar ya:
    Name: Eja
    Motor: BAJAJ Pulsar 180 DTS-i
    Warna: Hitam
    Plat Nomor: B6006SJS

    Thx ya:)

  2. April 27, 2009 pukul 2:15 am

    Salam Emang tidak salah kita pilih Leader Velayat Rider, slalu menemukan tempat tempat yang menarik.
    Ana Daftar Bro:
    Ali Husain
    Motor : Mega Pro
    No B6097 TPH

    wasalam

  3. 3 Vici Avriliano
    April 27, 2009 pukul 2:36 am

    AKU MELOK CAK…..
    memang velayet Radier tak akan pernah lelah mencari jejak2 keindahan alam para BIKERS,,,
    VICI AVRILIANO
    Motor:JUPITER Z
    No B 6545 TRT

    Tak ENTENI YO…

    Thnks to Ketua Velayet Raider.🙂

  4. 4 Haidar
    April 27, 2009 pukul 7:56 am

    Bole donk ikutan…

    Nama : Haidar Zen
    Motor : Bajaj Pulsar 180 DTS-i
    No. Baru Banget turun

    Thxs ya…🙂

  5. 5 Amung
    April 27, 2009 pukul 9:31 am

    NGIRINGAN EUY….

    URANG mau ikut ne…
    Nama : Amung
    Motor : Jupiter MX
    No. F6803KI

    Thnks Bro…🙂

  6. 6 Trixi
    April 27, 2009 pukul 11:14 am

    Insya Allah…ane ikut
    B 6761 BMS, Honda Tirev

  7. 7 Moe "The Rebellion" Haddad Jr.
    April 27, 2009 pukul 11:45 am

    Ana melloooo……!! (Angkatan Pertama ke Sangiang Anyer) yang mau daftar silahkan tapi jangan bacrots aja. Gak seperti yang dahulu yang daftar 200 orang yang berangkat cuma 6 orang. Sawaaaaa…!!!!!
    NB:
    – Kalo yang mau ikut dilarang bawa Magic Jar (Box)
    – Dilarang cari kesenangan sendiri ‘khususon’ buat wakil yang punya gedung di buncit
    – Gak boleh rewel
    – Membawa surat ijin istri (pertama)
    – Di larang bawa harim, karena harim sudah tersedia di tempat tujuan dan sudah di urus oleh panitia
    – Pendaftaran di bayar Cash tidak boleh hutang
    – Jangan lupa bawa obat, minum susu dan cuci kaki sebelum tidur
    – Sampai jumpa di turing selanjutnya

    • 8 Trixi
      Mei 13, 2009 pukul 3:18 am

      wakakakakakkakakakak
      Udah keluar nih edisi pertama dari risalah amaliahnya velayat rider….mabruk
      ana cuman terpaksa melanggar hukum yg pertama, soal magic jar…abisan mo gimana lagi nih…bingung nyopotinnya euy….ntar bayar kafarat deh.🙂

  8. 9 Trixi
    Mei 13, 2009 pukul 3:20 am

    di Bursa beredar kabar kalau beberapa pihak telah menyatakan minat untuk gabung…tapi dengan mengendarai mobil…..ya goodluck aja…karena lalu lintas di Kopo-Soreang Allahyahfahd….apalagi kalo libur panjang….hehehe

    • 10 velayatriders
      Mei 14, 2009 pukul 7:38 am

      Biarin ajah, pake mobil paling juga gak nyampe-nyampe akhirnya balik maning nang jakarta atau malah pada wisata di dalam kota bandung..kekekekekekeke…

  9. 11 Trixi
    Mei 13, 2009 pukul 3:23 am

    “Konon menurut ceritanya siapapun yang singgah ke Batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapat cinta abadi. Hal ini yang banyak membuat wisatawan menjadi pensaran dan berbondong-bondong mencobanya. Penasaran…? Coba saja.”
    wah bahaya nih….wong niatnya berdiri satu malam…dapetnya selamanya…hehehe

  10. 12 velayatriders
    Mei 14, 2009 pukul 7:40 am

    akhirnya 2 tahun kemudian ada yang datang ke rumah bawa anak trus anak nya bilang “bapaaaakkk….!!!!”

  11. 13 snow_white
    Mei 25, 2009 pukul 7:23 pm

    aku mau ikutan tour nya nih
    bisa minta jadwal tournya gak?n biaya nya berap ya? thanx banget..

  12. 14 onk...
    Agustus 31, 2009 pukul 1:11 am

    Gas Bro…
    Novri
    Jupiter MX 2006.
    Call me


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Dayoh

  • 63,424 hits
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
free counters

Kategori

RSS Yahoo News

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Support Palestine

Arsip


%d blogger menyukai ini: