27
Mar
09

Tanggul Situ Gintung Jebol

jebolape1

Tanggul Situ Gintung Jebol.

Penyebab jebolnya tanggul Situ Gintung, Cireundeu, Tangerang, Banten sedikit terjawab. Hujan deras menjadi pangkalnya, yang menyebabkan permukaan air situ naik dan melimpas tanggul. Penyebab tersebut dijelaskan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane Sutoyo Subandrio Pitoyo saat menemani Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) di lokasi jebolnya tanggul.

“Saat hujan kemarin begitu besar, terjadi kenaikan muka air. Sehingga air naik dan terjadi limpasan di atas tubuh bendungan. Sehingga tergerus dan longsor. Tanggul manapun pasti akan jebol kalau terjadi pelimpasan,” jelas Sutoyo. Dia menambahkan, volume air situ yang melimpas tanggul sebanyak 1 juta meter kubik air dari situ yang seluas 21 hektar.

Jumlah korban runtuhnya tanggul Situ Gintung, Tangerang, Banten, bertambah menjadi 49 orang. 47 Di antaranya telah teridentifikasi sedangkan 2 lainnya belum diketahui. “Setelah dihitung ulang korban saat ini 49 orang bukan 50 orang,” kata Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Rustam S Pakaya saat dikonfirmasi detikcom. Rustam mengatakan, jumlah ini kemungkinan besar bertambah karena masih banyak warga yang hilang. Tim evakuasi terus melakukan penyisiran.

jebolape3

Situasi di sekitar tanggul jebol

Bantuan kesehatan yang diberikan ada 22 tim medis dari Provinsi DKI Jakarta, Rumah Sakit Pondok Indah, RSPP, RS Fatmawati, RS Duren Sawit, dan puskesman di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. “Obat-obatan sampai saat ini cukup kita membawa MP ASI dan biskuit kering untuk anak-anak yang menunggu atau para orangtua,” imbuhnya.

Pantauan detikcom, 2 korban di STIE KH Ahmad Dahlan dengan nama Maman dan Soleh, sudah dibawa keluarganya ke rumah duka. Ada 11 korban lagi yang masih berada di kampus. Banyak warga yang mendatangi kampus untuk memastikan kemungkinan keluarganya menjadi korban jebolnya tanggul. Menurutnya akibat bencana tanggul itu juga menyebabkan genangan air tinggi di sejumlah lokasi. Antara lain Kebayoran Lama setinggi 2 meter, Cilandak di Perumahan Bukit Pratama 3 meter, Ciputat di Kampus UMJ dan Kampung Poncol 2 meter.

Beberapa korban tewas jebolnya tanggul Situ Gintung, Tangerang, Banten, dibawa ke Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan. Sebanyak 15 korban berada di kamar jenazah RS itu. “Ada 15, dijejerin,” ujar petugas jaga RS Fatmawati, Subandi, kepada detikcom. Menurut Subandi, nama-nama korban belum semua teridentifikasi. Semua korban diduga tewas karena terseret arus. “Ada yang namanya ada. Ada yang nggak ada,” imbuh dia. Subandi menuturkan, kondisi di RS itu dibanjiri keluarga. Mereka mencari-cari keluarga yang belum ditemukan. “Padat banget, banyak keluarga cari-cari,” pungkas dia.

jebolape41

Suasana di sekitar tanggul yang jebol

Operasi penyelamatan dan evakuasi di Situ Gintung terus dilakukan. Ratusan personel kepolisian dari Polda Metro Jaya pun dikerahkan ke lokasi. “Kekuatan personel untuk pengamanan dan evakuasi di Situ Gintung ada 332 personil,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya AKBP Chryshnanda saat dihubungi melalui telepon. Adapun rincian personel antara lain dari Brimob Polda Metro Jaya terdiri 75 personel, Gegana 10 personel, Den A 20 personel, satuan Samapta yang terdiri SAR 20 personel, Dalmas 115 personel, patroli mobil 2 unit, dan patroli motor 10 unit.

Detasemen D Brimob Cikarang Polda Metro Jaya akan menyusuri Kali Pesanggrahan untuk mencari korban. Mereka akan menyisir kali itu dari kompleks Deplu, Bintaro sampai Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pantauan detikcom di Kompleks Deplu, Bintaro, Jakarta Selatan,  sekitar 15 personel Detasemen D Brimob membawa perahu karet 2 unit. 1 Perahu karet bermotor tempel sudah diterjunkan di Kali Pesanggrahan membawa 12 personel menyisir kali.
“Ini kita mau menyisir mulai dari sini (Kompleks Deplu, Bintaro) sampai ke Tanah Kusir untuk mencari korban yang hanyut,” ujar ketua tim Detasemen D Brimob Cikarang Kompol Doni Jo. Hingga pukul 11.45 WIB, arus Kali Pesanggrahan masih deras akibat luapan air dari Situ Gintung, Cireundeu, Tangerang, Banten yang tanggulnya jebol.

terseretarus01

kendaraan korban air bah

Sumber: http://www.detiknews.com


0 Responses to “Tanggul Situ Gintung Jebol”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Dayoh

  • 63,424 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
free counters

Kategori

RSS Yahoo News

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Support Palestine

Arsip


%d blogger menyukai ini: