17
Mar
09

Waspadai Pencurian Motor

maling-motor

Pencurian motor (curanmor) kini kian marak. Banyak cara yang digunakan oleh maling motor. Beberapa dari maling tersebut bahkan bekerja sendirian dengan hanya bermodalkan sebuah kunci T yang harganya hanya beberapa ribu rupiah untuk merusak kunci stater motor Anda.

Ada lagi modus operandi yang lain, yaitu mereka bekerja berkelompok dengan menggunakan mobil truk atau mobil box. Motor yang akan dicuri mereka intai terlebih dahulu dan ketika dirasa aman maka dengan sigap beberapa maling tsb turun dari mobil, mengangkat motor Anda yang terkunci dan memasukkannya ke mobil mereka dengan cepat. Hanya dibutuhkan kira-kira 1 menit saja untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah tips-tips ringan untuk menghindari pencurian motor.
1. Minimal Kunci stang motor dan simpan kuncinya. Banyak pencurian terjadi karena mesin hanya dimatikan tidak ditambah dengan kunci stang.
2. Kunci Garpu depan atau disk brake dengan pengaman yang besar, berwarna/bertulisan terang agar pencuri langsung waspada dan mengurangi niatnya.
3. Apabila berkendara dengan rombongan atau dengan beberapa motor, usahakan menguncinya disatukan bila sedang parkir.
4. Apabila Anda berkendara sendirian, usahakan mengunci motor Anda kepada objek-objek yang susah untuk dilepas atau dipindahkan seperti misalnya lampu jalan, tiang listrik dll.
5. Apabila Anda berkendara jauh dan harus menginap disebuah penginapan atau hotel, parkirlah kendaraan Anda yang bisa terlihat oleh kamera pengawas atau kalau tidak memungkinkan parkirlah sedekat mungkin dengan kamar Anda.
6. Sering-seringlah mengecek kendaraan Anda apabila sedang parkir di suatu acara keramaian dan yang lebih penting adalah segeralah mengecek kendaraan beberapa saat setelah Anda pergi untuk memastikan bahwa tidak ada maling yang sedang mengincar motor Anda.
7. Apabila Anda memarkir motor Anda di garasi, parkirlah motor Anda dibagian paling dalam garasi sesudah mobil Anda agar motor tidak bisa dikeluarkan tanpa mengeluarkan mobil terlebih dahulu dan pastikan garasi Anda terkunci.
8. Jangan taruh BPKB/STNK/SIM atau KTP Anda di bagasi, tangki atau tempat-tempat penyimpanan lainnya di motor Anda. Simpanlah STNK/SIM/KTP di dompet Anda dan BPKB tinggalkanlah di rumah Anda saja. Itu lebih aman.
9. Buatlah tanda yang unik atau kalau memungkinkan fotolah terlebih dahulu motor Anda agar apabila terjadi kecurian Anda bisa memberikan foto tersebut kepada pihak yang berwajib.
10. Asuransikan motor Anda segera, agar Anda tidak akan terlalu merugi apabila kehilangan.
11. Hati-hatilah memberikan informasi pribadi Anda seperti dimana Anda tinggal, kerja atau tempat bermain Anda.
12. Pasanglah alarm yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian keras agar maling meninggalkan niatnya ketika akan mencuri motor Anda

Sumber. http://www.roda-dua.com


0 Responses to “Waspadai Pencurian Motor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Dayoh

  • 63,424 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
free counters

Kategori

RSS Yahoo News

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Support Palestine

Arsip


%d blogger menyukai ini: