17
Mar
09

Penyebab Motor Boros Bensin

spbu

Kenapa mesin rakus bensin? Paling mudah karena malas merawat mesin. Ujung-ujungnya, komponen jadi gampang rusak lantaran jarang diservis. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan.

SALAH SETING GIR
Kenapa pabrik pasang gir reduksi motor baru sama semuanya? Pertimbangannya, settingan gir segitu sesuai dengan power mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya kalau jalan yang dilalui menanjak tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin berat umpama jalurnya banyak datar.
Makanya ingat. Saat melakukan seting sproket, teori macam itu jangan sampai terbalik. Kalau terbalik, bukan cuma motor yang tidak bertenaga. Bensin yang dikonsumsi juga makin boros.

RANTAI KENDUR
Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.

LAHER RODA SERET
Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di tromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.

SIL KARET KALIPER KERAS
Sil piston kaliper atau sil di batang fleksibel pemegang kaliper sudah keras. Juga penyebab putaran roda seret. Pasalnya kampas rem nggak mau balik setelah master rem ditekan, alhasil tenaga dari mesin untuk memutar roda kurang lancar. Ini juga sebab bensin boros. Supaya gerak maju-mundur piston di rumah kaliper lancar. Segera ganti karet sil keras di kedua bagianĀ  itu. Jangan lupa untuk melumasinya

KAMPAS KOPLING TIPIS
Segera ganti kampas kopling jika sudah tipis. Jika kerja pemindah daya tidak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang percuma. Tidak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan.

SASIS MIRING
Walaupun gejalanya dianggap sepele, sasis miring juga punya andil dalam urusan boros bensin. Apalagi jika miringnya kelewatan.
Ada beberapa hal yang bikin seret gir roda belakang. Misal pertemuan gir belakang tidak rata dengan depan akibat sasis miring. Akibatnya rantai susah disetel dan terjadi gesekan paksa antara mata gir dengan rantai.

KABEL MASSA KENDUR
Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja. Sebab komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma.

SLANG GETAS BIKIN BOCOR
Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale, slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.

Jangan lupa untuk mengganti :

FILTER UDARA KOTOR
Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan bensin tambah boros.

HINDARI PAKING KNALPOT BOCOR
Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar.

GAS SERET
Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus.

Agar tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup dicuci dengan menggunakan cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.

Sumber: motorplus


3 Responses to “Penyebab Motor Boros Bensin”


  1. Maret 17, 2009 pukul 7:12 am

    Wah jadi ribet ya kalo punya motor. Mending pindah ke mobil aja ah, ga ribet, ga perlu periksa rantai segala macam.

    • 2 velayatriders
      Maret 17, 2009 pukul 7:36 am

      Kalo punya mobil masih ribet juga dengan cek radiator, v-belt, aki mobil, ban serep, sapu tangan n lipstik siapa yang ketinggalan. Mending nebeng aja sama yang punya motor n mobil mantap gak tuh…???

  2. Oktober 2, 2009 pukul 11:32 am

    Ada2 aje bpk yg satu ini,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Dayoh

  • 63,424 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
free counters

Kategori

RSS Yahoo News

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Support Palestine

Arsip


%d blogger menyukai ini: