28
Mar
09

Minyak Rem Depan kenapa bisa berkurang?

1719minyak-rem-eka-4

master cakram depan

Djonet sedikit curhat alias curahan hati atau cerita ungkapan hatinya ke Supri, sahabat dekatnya. “Pri, kenapa minyak rem di motorku habis terus. Hari ini diisi, eh, seminggu kemudian, kok ketinggian minyak rem di master agak berkurang,” ujar Djonet dengan mimik bingung betulan.

“Wah, gue juga nggak tau tuh, Net. Maklum, gue rada buta soal motor,” ungkap Supri dengan nada sedikit lesu karena nggak bisa membantu membereskan masalah yang dihadapi sobatnya.

Percakapan di atas hanya sebatas ilustrasi. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga menimpa ente. Biar persoalan sama nggak terjadi apalagi sampai dialami langsung, baiknya kite bahas aja. Ya, apa saja sih penyebab minyak rem yang ada di master rem itu berkurang? Mareee…

1718minyak-rem---eka-1.jpg

Kampas rem depan

KAMPAS REM

Jangan heran kalau minyak rem yang ada di master berkurang ketinggiannya. Penyebabnya, bisa dari part satu ini. Ya, kampas rem semakin tipis bikin minyak rem dalam kepala babi atau kaliper juga jadi lebih banyak. Itu karena piston kaliper menekan keluar. Maka ketinggian alias level di master juga akan berkurang lantaran turun ke kaliper.

“Ini bisa saja. Sebab ketika ketebalan kampas rem berkurang, maka minyak juga ikut turun menyesuaikan kampas yang menjepit cakram,” bilang Peter Dionisius, Product Development & Promotion, PT Autochem Industri, distributor produk Prestone di Indonesia.

Makanya usah heran jika ketinggian minyak di master berkurang. Terlebih lagi, jika motor sering dipakai buat pengereman ekstrem. Pastinya kampas rem cepat habis dan minyak rem pun turun. Tapi ketinggian minyak rem ini, bisa balik lagi ketika kampas yang aus diganti kampas baru. Ketinggian bisa seperti sebelumnya, selama ketika kurang tak dilakukan penambahan lho. He..he..he…

SIL MASTER REM
Tanpa disadari, peranti penekan minyak rem yang letaknya di master ini vital. Jika peranti yang terdiri dari beberapa part macam karet dan per juga logam ini rusak, minyak rem pun bisa keluar lewat sini.
“Memang, keluarnya tidak seperti air dituang. Tapi, rembes. Jika dibiarkan, kelamaan minyak di tabung pun bisa berkurang,” papar Dion yang berkacamata dan ramah itu. Biasanya, jika peranti ini rusak, bagian karetnya yang kerap termakan.

NIPEL DAN SLANG

Kemungkinan besar minyak rem berkurang juga bisa dari komponen penyambung slang dengan kaliper atau master rem. Maksudnya nipel dan ring pengganjal. Jika kondisi nipel dan ring sudah aus, minyak rem pun bisa rembes atau mengalir lewat part ini.
“Hal lain penyebab minyak rem turun dari ketinggian bisa juga dari slang rem itu sendiri. Jika aus, biasanya slang menggembung,” kata Dion. Bahaya jika slang yang mengembung itu kena tekanan terus. Slang bisa pecah dan akhirnya bikin rem jadi blong!

Penulis/Foto : Eka

Sumber: http://www.motorplus-online.com

About these ads

0 Responses to “Minyak Rem Depan kenapa bisa berkurang?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Dayoh

  • 54,280 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
free counters

Kategori

RSS Yahoo News

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Support Palestine

Arsip


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: